Kamis, 22 September 2016

Perilaku dan Siklus hidup Jangkrik


Jangkrik termasuk golongan serangga. Klasifikasi jangkrik secara lengkap adalah sebagai berikut. 
Klasifikasi Jangkrik

SIKLUS HIDUP

Jangkrik termasuk serangga dengan metamorfosis tidak sempurna. Fase metamorfosis jangkrik meliputi fase telur, nimfa (pradewasa; "telendho" = bahasa Jawa), dan imago (dewasa).

Siklus hidup jangkrik betina adalah > 3 bulan, sedangkan jangkrik jantan kurang < 3 bulan. Telur jangkrik akan menetas pada umur ± 13 hari, umur nimfa adalah ± 1,5 bulan, dan umur jangkrik dewasa adalah ± 1,5 bulan. Nimfa jangkrik akan berganti kulit sebanyak 6-8 kali selama masa pertumbuhannya. Setelah nimfa ganti kulit yang terakhir akan menjadi jangkrik dewasa, jangkrik dewasa akan mulai kawin setelah umur 3-4 hari.

Peternak jangkrik telur membutuhkan waktu ± 2 - 4 minggu untuk produksi telur, sedangkan untuk produksi jangkrik muda (telendho) dibutuhkan waktu ± 2 bulan.

PERILAKU 

1. Pacaran 

Jangkrik jantan dapat menghasilkan suara dalam berbagai ritme dan tinggi-rendah nada. Perbedaan ritme dan tinggi-rendahnya nada pada suara jangkrik jantan didasarkan pada tujuan yang diinginkan. Jangkrik jantan akan mengeluarkan suara dengan ritme panjang dan nada tinggi bila digunakan untuk menarik betina yang berada di kejauhan, setelah betina mendekat maka jangkrik jantan akan mengeluarkan suara yang lebih kuat dengan interval antar suara lebih pendek. Jangkrik betina akan lebih tertarik pada jantan yang agresif dan mengeluarkan suara paling keras.

2. Kawin

Jangkrik jantan akan segera mendekati betina yang mendekat dan antenanya akan menyentuh kepala betina untuk merayu. Kombinasi antara suara dan sentuhan antena jangkrik jantan membuat jangkrik betina naik ke atas tubuh jantan. Agresivitas ini terjadi sangat kuat dan terjadilah proses kawin.

Saat kawin jangkrik betina berada di atas jangkrik jan­tan, perilaku ini berbeda dengan kebanyakan serangga pada umumnya. Proses kawin terjadi bila penis (aedeagus) jang­krik jantan masuk ke dalam vagina jangkrik betina dan ter­jadi transfer sperma dari jantan ke betina yang ditampung di dalam kantung sperma (spermatheca). Jangkrik betina mampu menyimpan sperma pada tubuhnya selama dua minggu saja, oleh karena itu betina perlu kawin lagi dengan sang jantan setiap dua minggu sekali guna menghasilkan telur.

3. Peletakan telur

Jangkrik betina menyimpan ratusan telur di dalam tubuhnya dan tidak akan dikeluarkan sebelum seminal receptaclenya terisi sperma dari kantung sperma. Setelah seminal receptaclenya terisi sperma maka masing-masing telur jangkrik yang ada di dalam tubuh betina akan segera terfertilisasi pada saat yang bersamaan dan terpacu bergerak menuju ovipositor yang berupa tabung panjang seperti tombak.
Ovipositor ini akan ditusukkan ke dalam pasir yang lembap sembari mengeluarkan telur pada ujungnya. Telur-telur yang diletakkan di dalam pasir posisinya berkelompok dan berjajar

JUAL TELUR JANGKRIK ALAM/SLIRING/MADU Dan JANGKRIK KALUNG/GENGGONG


CARA PEMESANAN DAN CARA PEMBAYARAN :
Pesan SMS/Telpn : 0858.2308.4042 / PIN BBM 7BDEDC09
Format SMS : Nama # Alamat Lengkap + Kode Pos # No Hp # Jumlah Pesanan # Nama Barang

1. Format SMS/BBM : Nama#Alamat Lengkap#No Hp anda # Jumlah Pesanan # Nama Barang

2. Tunggu balasan dari kami yang berisi total biaya dari pesanan anda (termasuk ongkos kirim).

3. Silahkan lakukan pembayaran melalui rekening bank BRI, BCA, BNI dan MANDIRI yang kami kirim melalui SMS, kemudian jika sudah melalukan pembayaran silahkan balas dengan sms konfirmasi pembayaran anda dengan format dibawah ini :

[ SUDAH TRANSFER : JUMLAH TRANSFER#NAMA BANK TUJUAN#NAMA #ALAMAT LENGKAP#NO HP ANDA#JUMLAH PESANAN#JENIS JANGKRIK]
CONTOH :

[ SUDAH TRANSFER: RP 650.704#MANDIRI#KIKI ANDRIANI#JL BEDJO NO 11 GEMARANG MADIUN JAWA TIMUR#0858.2308.4042#2kg#telur jangkrik alam]

4. Tranfer pembayaran yang masuk sebelum jam 10 siang, barang akan kami kirim hari itu juga, jika diatas jam 10 siang kami akan kirim pesanan di hari berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar